Saturday, August 9, 2014

Penting, PPSMB UGM

Hallo fellas, akhirnya bisa nulis lagi di blog yang hampir bersarang laba-laba. (maklum liburan gini enaknya hibernasi haha). Postingan kali ini ditujukan untuk melengkapi tugas ppsmb ft ugm 2014. Waktu nulis ini sih emang belum dimulai acaranya, tapi kita udah dikasih tau jauh-jauh hari mengenai materi dan tugas yang bisa dicicil sebelum kita dikumpulin per kelompok.
Cie dah jadi maba (mahasiswa baru), cie. Alhamdulillah yaa bisa naik tingkat dari siswa ke ‘maha’siswa. Mehehe. Sehabis keterima dan daftar ulang yang ada di otak cuma what if- what if- what if-. Ya karena predikat maba emang masih baru melekatnya. Masih nggak tau kuliah itu harus gimana dan kayak apa, kita masih pakai buku tulis atau gimana(?), dosen itu kayak guru SMA atau enggak(?). Yang ada di bayangan masih berupa pengandaian tak berujung. Dan kemudian datanglah informasi mengenai PPSMB.

Hah? PPSMB? Itu ospek ya? Itu acara apaan sih? Ngeri nggak yaa? Aku kudu gimana?
Awalnya sih gitu, macem-macem pertanyaan menghiasi otak. Berhubung kita sudah hidup dijaman serba modern ini, dan arus informasi yang disampaikan lewat media masa pun dapat diterima dengan mudah, maka…. Akhirnya pun sedikit mengerti.

PPSMB adalah singkatan dari Pelatihan Pembelajaran Sukses bagi Mahasiswa Baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahunnya khusus bagi mahasiswa baru UGM.
Untuk lebih mengenal ppsmb silahkan membaca INI
PPSMB di UGM dibagi menjadi 2 yaitu tingkat universitas dan tingkat fakultas, bahkan ada yang 3 (plus tingkat jurusan)
PPSMB tingkat Universitas disebut PALAPA, untuk FAQ-nya bisa dilihat DISINI
PPSMB tingkat Fakultas, tahun 2014 namanya PRISMA. FAQ-nya bisa dilihat di sini DISINI


source: web palapa


source: web prisma

Jadi, apa pentingnya PPSMB? (karena emang tugasnya suruh nulis pentingnya PPSMB)
Tentunya PPSMB itu penting, walaupun banyak banget (terutama yang udah nggak jadi mahasiswa) yang bilang kalau  itu cuma formalitas. Tapi disetiap kegiatan pasti ada hal yang bisa dipetik kok. Pasti…. Iya pasti….. :’)
Menurut blog ini, salah satu pentingnya PPSMB adalah komunikasi, karena memang banyak tugas yang diberikan. Sedangkan para mahasiswa berasal dari penjuru nusantara, maka kita pun harus sering-sering berkomunikasi bersama teman-teman baru kita.
Selain itu, menurutku kegiatan semacam PPSMB ini adalah sarana untuk memunculkan keinisiatifan dan kekreativitasan para maba. Kita ditutuntut untuk berinisiatif, misalnya dalam hal membuat grup WA/Line/fb untuk mempermudahkan berkomunikasi antar maba. Dalam hal kreativitas dapat dilihat dari tugas-tugas yang diberikan. Misalnya dalam hal menghias caping, membuat postingan blog, membuat cocard, jargon kelompok dsb.
Disini pula kita diajarkan bagaimana kehidupan mahasiswa itu. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya tugas-tugas yang diberikan. Katanya sih, katanya mahasiswa itu tugasnya lumayan banyak. Ya tergantung jurusannya sih, kalo yang selo pasti juga selo kok. (semoga). Kita juga dapat belajar mengenai prioritas dan manajemen waktu untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan dosen.
Dari berbagai beasiswa yang diposting di ditmawa, banyak yang persyaratannya menggunakan sertifikat PPSMB. Jadi tentunya kita harus lulus PPSMB dulu sebagai salah satu syarat pengajuan beasiswa. Kalau tidak lulus, kita diharuskan mengulang tahun berikutnya.
Usut punya usut juga, katanya sertifikat PPSMB itu digunakan saat yudisium sebelum wisuda. Jujur, aku nggak tau apa itu yudisium. Mari kita lihat apa itu yudisium  disini.

Kenapa sih yang dibahas yang positif-positif melulu?
Ya karena tugasnya menegnai pentingnya PPSMB. Karena di otak juga masih sangat abstrak kayak gimananya. Walaupun udah nyari dan baca blog kakak tingkat mengenai hari H PPSMB jamannya mereka yang harus bekerja lembur, tapi entah masih nggak tau kayak gimananya. Mari kita merasakan PPSMB bersama esok saat hari H. Mari dinikmati bersama dan petik positifnya.
Kesimpulannya, PPSMB adalah sarana pengenalan mahasiswa baru untuk beradaptasi. Selain itu mengajarkan kita tentang jiwa kepemimpinan, bagaimana kehidupan di universitas nanti, dan salah satu syarat kelulusan. Mengajarkan pentingnya komunikasi, menjadikan kita mahasiswa yang keratif-inovatif-dan berinisiatif, dan yang jelas akan banyak kenangan-kenangan yang terukir setelah kita melewatinya. Pasti. J
Mari kita semangat! J J J

Sampai bertemu dikampus! #TeknikUGM14


Salam,
Nurroh Habibah
Teknik Industri UGM 2014

No comments:

Post a Comment

silahkan komentarnya :) makasih yaaaaaa.